Selasa, 16 September 2014

PROPOSAL USAHA MUG

PROPOSAL USAHA MUG :)

















Judul:

USAHA MUG 

Oleh:
  1. Vika Rizqi Yani





RINGKASAN PROYEK
A. Manajemen
Nama Perusahaan               : fun fun for all
Nama Pemilik Perusahaan  : Vika rizqi yani
Bidang Usaha                     : Kerajinan Tangan
Jumlah Tenaga Kerja          : 1 orang
B. Pemasaran
Produk yang Dipasarkan         : MUG bergambar
Sasaran Konsumen / Pembeli  : Semua Kalangan
Wilayah Pemasaran                 : Tegal
Rencana Penjualan / Tahun     : 2014
Penetapan Harga Jual              : Rp. 25.000,-
C. Keuangan
Total Pembiayaan Proyek                        : Rp.   100.000,-
Pinjaman yang Diajukan                          : Rp.    100.000,-
Jangka Waktu Pengembalian Pinjaman   : 7 hari
D. Daftar Riwayat Hidup Pengelola
Nama                                         : Vika Rizqi Yani
Tempat dan tanggal lahir           : Tegal, 09 Maret 1997
Agama                                       : Islam
Alamat Rumah                           : Ds. Jatilaba Rt/Rw : 03/08
Alamat Tempat Usaha               : SNK N 2 Adiwerna
Pendidikan Terakhir                  : -
Pelatihan yang telah diikuti       : -
Pengalaman                                : -
Keterampilan                             : Membuat MUG bergambar





DAFTAR ISI

  1. Manajemen. ii
  2. Pemasaran. ii
  3. Keuangan. ii
  4. Daftar Riwayat Hidup Pengelola. ii
  1. Judul Kegiatan. 1
  2. Status Usaha. 1
  3. Rasional Kegiatan. 1
  4. Tujuan Kegiatan. 1
  1. Produk. 2
  2. Bahan Baku. 2
  3. Proses Produksi2
  4. Pemasaran. 2
  5. Tempat Produksi2
  6. Strategi Pemasaran. 2
  7. Analisis SWOT. 2
  1. Target produk. 4
  2. Target konsumen. 4
  3. Target pendapatan. 4
  1. Rencana Biaya Usaha. 5
  2. Menghitung Harga Jual5
  1. Personal6
  2. Struktur organisasi6
I BAB PENDAHULUAN
A.  Judul Kegiatan
Usaha MUG bergambar
B.   Status Usaha
Usaha yang akan saya jalankan adalah usaha pengembangan.
C.  Rasional Kegiatan
Usaha MUG bergambar yang akan saya dirikan adalah jenis usaha kerajinan berskala kecil yang khusus hanya memproduksi berbagai macam MUG bergambar bisa pesan gambar atau fotonya sendiri. Alasan saya dalam memilih usaha MUG bergambar saya dasarkan atas pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut:
  1. MUG sudah menjadi barang kebutuhan pokok manusia. MUG dipakai sebagai alat untuk minum. Oleh karena itu saya menjual MUG dan kali ini saya membuat kreasi MUG bergambar sesuai dengan pesanan karena selalu dicari oleh banyak orang.
  2. Bahan baku yang digunakan tidak terlalu sulit dan mudah didapat. Saya hanya membutuhkan MUG sebagai bahan utamanya. Dan untuk lebih menarik MUG ini saya kasih gambar dengar cara mencetak gambarnya ke MUG
  3. Mengembangkan dan menuangkan kreatifitas saya dengan membuat MUG bergambar yang lebih menarik lagi.
D.  Tujuan Kegiatan
Tujuan didirikannya usaha kerajinan MUG bergambar ini adalah:
  1. Untuk mengembangkan kreatifitas diri saya dalam bidang ilmu produktif saya disekolah jadi saya akan membuat MUG bergambar.
  2. Memanfaatkan MUG yang biasa-biasa saja menjadi lebih menarik lagi.
  3. Sebagi bentuk pembelajaran saya dalam berwirausaha.

 


BAB II METODE PELAKSANAAN
A.  Produk
Produk multimedia yang akan saya hasilkan adalah MUG bregambar, yaitu jenis mug. Mug bergambar diproduksi berdasarkan kreatifitas yang saya miliki,gamabar yang digunakan berupa gambar pilihan atau yang disukai oleh konsumen. Bentuk gamabar yang digunakan juga bisa melalui pesanan sesuai dengan keinginan konsumen. Mug bergamabar ini bersifat universal, tidak hanya anak remaja yang menyukai tapi orang dewasa. Konsumen dari MUG bergambar ini adalah semua kalangan.
B.  Bahan Baku
Bahan baku utama MUG adalah MUG, gambar/foto, mensin pencetak.
C.  Proses Produksi
MUG akan diproduksi dengan proses sebagai berikut:
  1. MUG polos, foto/gamabr dari konsumen .
  2. Setelah itu saya edit gamabar/foto tersebut untuk di cetak di MUG .
  3. Selanjutnya gambar yang di cetak menggunakan kertas khusus .
  4. Setelah gambar sudah di cetak, tahap selajutnya adalahmencetak gambar kedalam MUG.
  5. MUG bergamabar yang sudah jadi siap dipakai.
D. Pemasaran
Segmen pasar yang dibidik adalah wilayah Tegal dan sekitarnya. 
E. Tempat Produksi
Tempat produksi dilakukan di Bengkel Multimedia. Lokasi ini dipilih karena merupakan pusat kegiatan praktek SMK N 2 Adiwerna.
F. Strategi Pemasaran
  1. Promosi di dunia maya.
  2. Ngeposting di blog.
  3. Mendatangi langsung konsumen.
G. Analisis SWOT
Sebelum melaksanakan suatu usaha baru kita perlu mengetahui hal-hal/aspek-aspek yang berpengaruh terhadap usaha tersebut. Hal tersebut diantaranya adalah aspek kekuatan (strenght), kelemahan (waekness), kesempatan (opportunities), dan ancaman (threath). Dengan melakukan analisis terhadap hal-hal tersebut diharapkan usaha akan berjalan lancar dan sukses.
Berikut adalah beberapa hal dari masing-masing aspek diatas:
  1. Strenght
    1. MUG sudah menjadi kebutuhan pokok manusia jadi MUG akan terus dicari oleh banyak orang.
    2. MUG didesain dengan keinginan konsumen dan dengan gambar yang unik sehingga menjadikan pembeli lebih puas.
  2. Weakness
    1. Perkembangan jenis mug sangat cepat sehingga menyulitkan untuk lebih mengembangkan ide yang lebih baru lagi.
    2. Banyaknya pesaing yang beroperasi didaerah tempat yang sama.
  3. Opportunities
    1. Bahan yang digunakan mudah didapat.
    2. Pengelolaannya cukup mudah.
    3. Mendatangkan keuntungan yang cukup banyak.
  4. Threath
    1. Perkembangan sandal yang cepat membuat konsumen akan beralih ke jenis mug yang lebih terbaru lagi.
    2. Pesaing yang menjual produk sejenis semakin banyak.


BAB III TARGET KELUARAN
A.    Target produk
Produk yang akan dihasilkan adalah MUG UNIK . kualitas produk yang akan dihasilkan adalah mug unik yang kuat dan menarik karena hiasannya. Sesuai dengan jumlah konsumen yang ditargetkan, produksi yang akan dihasilkan adalah 11 pasang mug perhari atau 278 perbulan (24 hari kerja/bulan)
B.     Target konsumen
Konsumen yang ditargetkan adalah wanita semua usia dengan jumlah target rata-rata 11 orang perhari atau 278 orang per bulan.




BAB IV RENCANA BIAYA

A.  Rencana Biaya Usaha
Rencana biaya usaha yang akan saya lakukan adalah sebagai berikut:
  1. Biaya Operasi
    1. Bahan Baku
    2.  

Uraian
Vol
Satuan
Harga/Sat
(Rp.)
Jumlah
(Rp.)

Sandal jepit
1
Lusin
10.000,-
100.000,-

Kain flanel
10
m2
4.000,-
40.000,-

Boneka hias
1
Buah
3.000,-
3.000,-

Lem kayu
3
Buah
4.000,-
12.000,-

Gunting
3
buah
4.000,-
12.000,-
Total
200.000,-
  1. Bahan Pembantu

Uraian
Vol
Satuan
Harga/Sat
(Rp.)
Jumlah
(Rp.)

Plastik
1
Pcs
7.000,-
7.000,-

Karton
2
Buah
3.000,-
6.000,-

Pulpen
3
Buah
2.000,-
6.000,-

Spidol
1
Buah
5.000,-
5.000,-

Nota bon
1
Buah
5.000,-
5.000,-

Steples + isi
1
Buah
8.000,-
8.000,-

Jarum
1
Buah
3.000,-
3.000,-

Benang
5
Buah
1.000,-
5.000,-

Poster
1
Buah
15.000,-
15.000,-

Fotocopy
100
Lembar
200,-
20.000,-

Taplak meja
2
Buah
10.000,-
20.000,-
Total
100.000,-
Jumlah biaya produksi per hari
300.000,-
Jumlah total biaya usaha
300.000,-
B.     Menghitung Harga Jual

Uraian
Jumlah Biaya (Rp.)
Kapasitas Produk
Biaya per Unit

Biaya bahan baku per hari
200.000,-
11
18.000,-

Biaya perlengkapan per hari
100.000,-
11
9.000,-
Total biaya operasi per hari
300.000,-
Total biaya per unit
27.000,-
Margin keuntungan yang diharapkan
30%
Harga jual produk per unit
27.000,- + 8.000 = 35.000,-




































BAB VI PENUTUP
Demikian proposal usaha kerajinan mug unik saya buat. Adapun tujuan proposal ini yaitu untuk memperkenalkan lebih detail tentang produk saya dan mengundang para investor untuk bekerja sama membangun usaha kerajinan mug unik ini. Isi dari proposal ini yaitu terdiri dari perkenalan produk, rincian biaya yang dibutuhkan dalam berproduksi, analisis SWOT produk hingga struktur organisasi pengelola.
Semoga apa yang tertulis dalam proposal ini dapat dimengerti dengan mudah dan calon investor tertarik untuk bergabung dalam usaha ini. Atas perhatiannya saya ucapkan terima


0 komentar:

Posting Komentar